President Message – May 2022

    IIA Indonesia President Message - May 2022

Bapak Ibu anggota yang saya banggakan,

Selamat Hari Raya Idul Fitri!

Senangnya bisa berkumpul bersama sanak saudara dan sahabat merayakan hari kemenangan. Bagi rekan-rekan yang melakukan perjalanan di libur panjang ini, semoga senantiasa diberikan keselamatan dalam perjalanan.

Bulan Mei memiliki banyak perayaan dan peringatan, Lebaran tentu, namun juga ada hari buruh, hari waisak, dan kenaikan Isa Almasih. Selain itu, bulan Mei juga merupakan perayaan bersama audit internal di seluruh dunia. Mungkin masih banyak di luar komunitas ini yang belum memahami peran dari fungsi audit internal, dan di bulan Mei ini yang merupakan Internal Audit Awareness Month kita dapat bersamaan dengan fungsi audit internal di seluruh dunia meningkatkan pemahaman mengenai audit internal.

Kita harus ingat siapa saja pemangku kepentingan fungsi audit internal, yaitu: 1.Mereka yang bertanggung jawab terhadap tata kelola di organisasi (Dewan Komisaris dan Direksi); 2. Mereka yang mendukung profesi audit internal; 3. Mereka yang mengandalkan hasil kerja audit internal; 4. Mereka yang bekerja berdampingan dengan audit internal; 5. Mereka yang punya pengaruh terhadap lingkungan operasi organisasi seperti regulator dan pembuat kebijakan. Memahami siapa stakeholders kita akan membantu kita dalam mengarahkan kepada siapa kita perlu meningkatkan awareness tersebut.

Pesan apa yang harus kita sampaikan? Ada beberapa pesan utama yang penting untuk diketahui, yaitu:

  1. Governance yang efektif membutuhkan audit internal yang independen.
  2. Internal audit harus obyektif, kompeten, independen dan dapat dipercaya.

Audit internal harus menyampaikan kebenaran melalui proses kerja yang baik dan dengan komunikasi yang konstruktif, memberikan saran dan juga pemastian yang dapat membantu para pemangku kepentingan untuk dapat memahami lingkungan internal dan eksternal organisasi, dan membantu mereka membuat keputusan berdasarkan informasi yang lebih baik dan berbasis risiko dengan tujuan agar organisasi dapat mencapai tujuan secara efektif, efisien, etis, dan berkelanjutan.

Governance yang efektif mencerminkan adanya mekanisme informasi, arahan, dan pantauan yang baik di dalam organisasi. Agar governance atau tata kelola efektif dibutuhkan adanya: 1) Governing Body/ Pengurus dan Pengawas / Dewan Komisaris dan Direksi agar terdapat akuntabilitas, pengawasan dan kepemimpinan; 2) Manajemen untuk pengelolaan / eksekusi operasional; dan 3) Audit internal untuk memberikan pemastian yang independen serta saran dan pandangan.

Agar tata kelola efektif, internal audit harus obyektif, kompeten, independen dan dapat dipercaya.

Objektivitas menunjukkan kredibilitas audit internal, dan dapat dicapai bila ada independensi dalam organisasi, proses yang disiplin dan sistematis, serta pikiran yang tidak bias dan tidak memihak.

Audit internal kompeten jika kegiatannya selaras dengan prioritas organisasi, punya komitmen untuk pengembangan profesional berkelanjutan, berkomitmen pada standar tertinggi yang diwajibkan untuk Certified Internal Auditor (CIA), dan mematuhi Standar IIA (Standar Internasional untuk Praktik Profesional Audit Internal).

Independensi menuntut kebebasan dari campur tangan, dan mensyaratkan bahwa internal audit memiliki akses langsung dan tidak terbatas ke Governing Body (Dewan Komisaris dan Direksi), manajemen senior, serta kepada semua aspek organisasi dan aktivitasnya.

Audit internal dipercaya ketika kita bisa: 1) Memberikan informasi tentang kecukupan dan efektivitas tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian; 2) memberikan wawasan dan saran yang relevan dan andal yang mendorong inovasi serta perbaikan; 3) Menunjukkan integritas; 4) Menjadi contoh dalam penerapan etika, nilai, dan transparansi dalam organisasi.

Hal-hal diatas perlu kita bangun dan kita sampaikan agar pemahaman mengenai fungsi dan aktivitas audit internal dapat lebih dipahami, manfaat dari pekerjaan audit internal bila dapat bekerja dengan baik, sehingga bisa meningkatkan dukungan untuk audit internal di organisasi masing-masing.

Di bulan Mei ini, IIA Indonesia juga berencana untuk melakukan berbagai aktivitas antara lain pelaksanaan kuliah umum, kompetisi video, kahoot challenge antar member IIA. Nantikan informasi lebih lanjut mengenai aktivitas-aktivitas ini.

Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada rekan-rekan yang berhasil mendapatkan sertifikasi profesi pada bulan April 2022. Semoga rekan-rekan turut serta dalam elevating impact baik di profesi auditor internal juga di organisasi tempat berkarya, dan pencapaian ini dapat menjadi inspirasi bagi lainnya.

  1. Adam Razadin Indrajaya, PT. Delta Dunia Makmur Tbk.
  2. Agung Rian Pradeka, PT. Pertamina (Persero)
  3. Bela Haqi Nasution

Bagi yang tertarik untuk mengambil sertifikasi profesi, jangan lewatkan kesempatan menarik, dimana selama bulan Mei 2022 akan ada diskon 20% untuk pendaftaran dan biaya ujian CIA serta CRMA, khusus bagi anggota IIA Indonesia yang mendaftar dan menyelesaikan pembayaran sebelum tanggal 31 Mei 2022. Diskon hanya berlaku bagi anggota yang masih dalam status aktif dan pendaftaran dilakukan melalui IIA Indonesia.

Sebagai dukungan  untuk para anggota, IIA Indonesia juga memberikan perpanjangan waktu hingga akhir Mei 2022 untuk pembayaran keanggotan. Setelah itu, sistem akan menon-aktifkan status keanggotaan.

Apabila ada pertanyaan, jangan sungkan mengirimkan email ke membership@iia-indonesia.org atau melalui mengirimkan pesan melalui WhatsApp di nomor +62 813-1096-6623.

 

Salam,

Angela Indirawati Simatupang, CIA, CRMA
President

 

Subscribe to our newsletter

IIA Indonesia