President Message – September 2022

 IIA Indonesia President Message - September 2022

Bapak Ibu, rekan-rekan anggota yang saya banggakan,

Pertama-tama saya ingin menyampaikan kabar baik kepada rekan-rekan anggota, bahwa di bulan Agustus 2022 telah bertambah institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang diakui oleh IIA dalam mempromosikan kesadaran dan pendidikan audit internal melalui kurikululum mereka, yaitu Universitas Pelita Harapan dan Universitas Bina Nusantara.

IIA juga memperkuat profesi audit internal melalui pendidikan. Seiring berkembangnya profesi, begitu pula kebutuhan civitas akademika akan lulusan “internal audit-ready” untuk memasuki arena bisnis dan memenuhi permintaan lulusan dengan learning curve yang berkurang. Untuk itu, IIA menciptakan Academic Awareness Program (AAP) dan Internal Auditing Education Program (IAEP) untuk mendukung institusi Pendidikan tinggi mengembangkan peluang pembelajaran bagi mereka y ang tertarik berkair di bidang audit internal.

Sehingga saat ini, terdapat 5 universitas di Indonesia yang masuk dalam AAP, yaitu Universitas Pelita Harapan, Universitas Bina Nusantara, Universitas Kristen Petra, Universitas Jember, dan Universitas Padjajaran; serta Politeknik Keuangan Negara STAN yang masuk dalam IAEP di kategori Internal Auditing Foundation.

Konferensi Nasional IIA Indonesia tahun 2022 yang akan diselenggarakan di Bali, 12-13 Oktober 2022 akan menghadirkan topik-topik terkini yang bermanfaat dalam penguatan internal auditor, termasuk di dalamnya mengenai tren makro ekonomi, ESG, Evolusi IPPF, Fraud dalam ekosistem digital, Etika, dan masih banyak lainnya.

Acara ini selain memberikan peluang bagus untuk menjalin jejaring, namun juga sebagai penawar rindu setelah 2 tahun kita tidak bertemu secara fisik. Dan tidak hanya itu, spesial di Gala Dinner, selain menikmati kebersamaan, akan ada penampilan spesial dari Pongki Barata & The Dangerous Band yang akan menemani dan menghibur malam kita di Bali. Informasi detail dan pendaftaran dapat melalui http://iia-natcon.id/

Jika rekan-rekan ingat, bulan lalu, IIA Indonesia telah meluncurkan kredensial Indonesia Internal Audit Practitioner, dan dengan senang saya menyampaikan bahwa peluncuran ini mendapatkan berbagai sambutan yang positif. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti program grandfathering yang akan ditutup pada tanggal 16 September 2022. Setelah program grandfathering berakhir, maka untuk mendapatkan kredensial IIAP, maka Kandidat harus mengikuti modul dan ujian.

Kredensial IIAP membantu para profesional mendapatkan pengakuan atas kemampuan mereka untuk melakukan audit internal sesuai dengan standar audit internal profesional. Area domain praktik yang dicakup oleh sertifikasi dikembangkan oleh IIA Global sebagaimana dinyatakan dalam buku pegangan sertifikasi IIA Global. IIAP adalah sertifikasi yang dikembangkan secara global yang disesuaikan dengan nilai dan karakteristik Indonesia. Informasi lebih lengkap dapat dilihat melalui https://iia-indonesia.org/indonesia-internal-audit-practitioner-grandfathering/

Saya juga ingin menyampaikan hasil dari rekrutmen Gubernur Antar Waktu. Sebelumnya, saya ingin menyampaikan terimakasih dan apreasiasi saya kepada rekan-rekan yang telah berpartisipasi dalam inisiatif ini.

Pelaksanaan rangkaian proses telah dilakukan oleh Tim Nominasi yang terdiri dari representasi Board of Governors dan Audit Committee IIA Indonesia, dan dilakukan berdasarkan Kebijakan Nominasi dan Seleksi Dewan Gubernur IIA Indonesia, dimana mencakup tahapan penjaringan, seleksi, baik secara administratif dan wawancara untuk menggali aspek-aspek terkait integritas, kompetensi, etika, benturan kepentingan, komitmen, serta semangat untuk memajukan profesi dan IIA Indonesia.

Tim Nominasi telah menyampaikan rekomendasi 3 kandidat tersebut dibawah, dan telah mendapat penetapan oleh President, dimana masa jabatan efektif tanggal 1 September dan berakhir pada saat pelaksanaan General Membership Meeting di tahun 2024.

Untuk itu saya mengajak rekan-rekan anggota untuk turut bersama saya mengucapkan selamat kepada Gubernur baru di IIA Indonesia..

Salam,

Angela Simatupang, CIA, CRMA
President

Subscribe to our newsletter

IIA Indonesia