President Message – February 2024

President Message - February 2024

Bapak Ibu, rekan-rekan anggota yang saya banggakan,

IIA pada tanggal 9 Januari 2024 telah menerbitkan Global Internal Audit Standards (GIAS) yang merupakan pembaruan dari International Standards for the Professional Practice of Internal Auditing (IPPF) yang dirilis pada tahun 2017. Peluncuran Standar baru ini mengakhiri proses multi-tahun yang dilakukan Dewan Standar Audit Internal Internasional (International Internal Audit Standards Board / IIASB) dalam meneliti dan memperoleh masukan dari pemangku kepentingan dan praktisi di seluruh dunia.

Standar ini memandu praktik profesional audit internal di seluruh dunia, berbasis prinsip, dan berfungsi sebagai dasar untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas fungsi audit internal. Inti dari Standar ini adalah 15 prinsip panduan yang memungkinkan audit internal yang efektif. Setiap prinsip didukung oleh standar yang berisi persyaratan, pertimbangan untuk implementasi, dan contoh bukti kesesuaian. Elemen-elemen ini membantu auditor internal mencapai prinsip-prinsip tersebut dan memenuhi tujuan audit internal. Bapak Ibu dapat mengunduh  melalui :
https://www.theiia.org/en/standards/2024-standards/global-internal-audit-standards/#newstandards

IIA juga telah menerbitkan majalah Auditor Internal edisi khusus bulan Februari, Raising the Standards, yang berfokus pada Standar Audit Internal Global yang baru! Pastikan Bapak dan Ibu menyempatkan diri  untuk membaca artikel yang berfokus pada Standar baru ini.

Pada Town Hall Meeting IIA Indonesia di penghujung Januari kemarin, saya dan para Governor IIA Indonesia juga melakukan sosialisasi mengenai Standar baru ini, dan kedepannya kami akan menggelar beberapa kesempatan pembelajaran termasuk dalam bentuk workshop untuk memfasilitasi Bapak dan Ibu memahami lebih jauh interpretasi dan penerapan dari Standards.

Ketua Dewan Audit merangkap Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Ibu Sophia Wattimena, dalam Town Hall Meeting IIA menyampaikan pesan penting sebagai pesan awal tahun bagi profesi ini agar bersiap mengantisipasi dan menghadapi Top Risk 2024 yang berpotensi terjadi Indonesia, agar lebih mampu beradaptasi dan agile terhadap kemungkinan risiko tersebut, yaitu 1) Lanskap Environmental Risk, 2) Risiko AI Generated Misinformation and Disinformation, 3) Pertumbuhan GDP dan Risiko di Indonesia, dan 4) Perkembangan indeks dan integritas  Indonesia.

Ibu Sophia Wattimena menyampaikan pesan kepada kita semua agar internal audit terlibat dalam evaluasi area risiko kritis organisasi; mampu menilai pendekatan organisasi terhadap perencanaan tenaga kerja dan permintaan keterampilan masa depan;  harus menilai kontrol yang ada untuk mengurangi risiko keamanan siber;  termasuk memahami bagaimana dan mengapa AI digunakan oleh organisasi; serta mampu memahami secara komprehensif lanskap regulasi organisasi dimana Bapak Ibu betugas saat ini.

Town Hall Meeting IIA tersebut dihadiri oleh hampir 800 peserta melalui media platform online dan untuk memberikan kesempatan bagi publik secara umum untuk bisa mendapatkan akses, acara tersebut juga disiarkan melalui kanal IIA Indonesia di YouTube yang ditonton lebih dari 700 peserta pada saat live streaming.

Di bulan Februari ini, IIA Indonesia akan mengadakan Chief Audit Executive (CAE) Forum dengan mengangkat tema Top Global Risk 2024 pada bulan Februari. Tentunya hal ini sangat sejalan dengan pesan awal tahun yang disampaikan Ibu Sophia Wattimena.

Bapak dan Ibu, pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan bahwa dengan akan berakhirnya masa bakti Board of Governors IIA Indonesia di tahun 2024, disampaikan bahwa Komite Nominasi telah terbentuk untuk mengawal proses seleksi dan nominasi kandidat Governor IIA Indonesia masa bakti 2024-2027.

Pada tanggal 31 Januari 2024, Bapak dan Ibu seharusnya telah menerima email yang memberikan informasi mengenai tahapan pendaftaran hingga nanti penetapannya. Saya mengajak para anggota yang memiliki antusiasme untuk membangun IIA Indonesia dan profesi ini untuk turut berpartisipasi baik untuk mendaftarkan diri sendiri maupun untuk mencalonkan anggota lain. Informasi selengkapnya dapat Bapak/Ibu ikuti melalui https://iia-indonesia.org/nominasi-dewan-gubernur-2024-2027/

Secara khusus, saya mengucapkan selamat kepada rekan-rekan atas pencapaiannya memperoleh sertifikasi profesi CIA dan IIAP pada bulan Desember 2023 dan Januari 2024, yaitu:

  • Aldo Deviano, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta
  • Azia Azmi Faonia RZ, PT Petrosea Tbk
  • Farizan Hanif, HLB Mann Judd
  • Hendra Wibawa, PT Bukit Asam Tbk
  • Ricksel Wijaya, PT Inti Indosawit Subur (Asian Agri)
  • Sulistyo Biantoro, PT PLN (Persero)
  • Aditya Dhanwantara, PT Sucofindo
  • Alvin, PT Prudential Life Assurance
  • Arif Rahman Hakim, PT Permodalan Nasional Madani (PNM)
  • Chairiah, PT Hutama Karya (Persero)
  • Chandra Wijaya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk
  • Dasep Titof, PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero)
  • Hendrikus Ivo, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
  • Kurniasih Panti Rahayu, Mahkamah Konstitusi RI
  • Rofikoh Rokhim, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
  • Sintong Parsaoran Sihombing, PT Federal International Finance (FIF GROUP)
  • Yesaya Togar Tarawan, PT Astra Daihatsu Motor
  • Zainal Abidin, PT Sucofindo
  • Zef Arfiansyah, PKN STAN

Bapak dan Ibu, jangan lupa untuk memperpanjang keanggotaannya agar tidak mengalami gangguan dalam mengakses informasi terbaru dari IIA, karena periode keanggotaan adalah Januari hingga Desember setiap tahunnya.

Untuk bantuan dan informasi, dapat menghubungi melalui email ke membership@iia-indonesia.org atau melalui WhatsApp di nomor +62 813-1096-6623. Kami selalu terbuka untuk segala masukan untuk dapat memberikan pelayanan sebaik mungkin, sehingga profesi ini dapat memberikan yang terbaik bagi organisasi.

Salam,

Angela Simatupang, IIAP, CIA, CRMA
President

Subscribe to our newsletter

IIA Indonesia