Teknologi dunia maya telah berhasil membuktikan efisiensi dalam pengelolaan dan pengolahan serta penyimpanan data dengan sangat signifikan serta handal dibanding pengolahan data secara manual pada masa-masa sebelumnya. Berbagai layanan yang disediakan ini membuat ketergantungan kepada dunia maya sangat kuat dan nyaris tidak dapat dipisahkan.

Namun semua pihak tentunya juga menyadari di balik berbagai layanan kemudahan juga terdapat risiko dimana kejahatan juga terjadi dan berkembang dalam dunia maya sebagaimana dalam dunia nyata. Pencurian data, otorisasi transaksi yang ilegal, penduplikasian transaksi, pemindahan aset secara cyber yang tidak sah, penyadapan, dan pembajakan serta berbagai kejahatan juga terjadi dalam dunia cyber. Kejahatan dalam dunia maya ini juga terjadi dan menjadi risiko utama di negara Indonesia ini.

Lantas bagaimana kontribusi dan peran auditor internal dalam memberikan asurans yang memadai kepada seluruh pemangku kepentingan perusahaan bahwa pengendalian yang telah dimiliki dan dijalankan saat ini mampu untuk memitigasi risiko-risiko termasuk risiko kejahatan dalam dunia maya. IIA Global dalam standar IPPF terkini khususnya dalam standar kompetensi 1210.A3 menetapkan “auditor internal harus memiliki pengetahuan memadai mengenai risiko dan pengendalian kunci/utama, serta teknik audit berbasis teknologi informasi yang dapat digunakan untuk melaksanakan tugasnya”.

Untuk menjawab mengenai hal ini, IIA Indonesia mengundang bapak/ibu praktisi dan pemerhati dunia profesi auditor internal, manajemen risiko, dan pengendalian internal serta pemerhati dunia teknologi informasi untuk mengikuti workshop audit internal: Cybersecurity Auditing in an Unsecure World.

Workshop ini akan diselenggarakan pada tanggal 8 – 9 Agustus 2018 di Bidakara Jakarta.

Fasilitator workshop:
1. Hartian S. Widhanto, MSc (Eng), CIA, CISA, CRISC, CRMA
2. Fetri E.H. Miftach, BEng (Hons), PhD, CEng MBCS CITP, CISA, CISM

Biaya investasi workshop untuk Anggota IIA adalah sebesar Rp. 4.000.000,00 dan untuk non anggota sebesar Rp. 5.000.000,00 (di luar biaya akomodasi).

Setiap peserta akan mendapatkan 16 CPE kredit.

Untuk informasi dan pendaftaran dapat menghubungi Dewi/Dita di 021 8378 2174 / 0812 8805 7901 / info@iia-indonesia.org

Categories: Event, Top post, Uncategorized
  • Helpful Links

  • Categories

  • Community

  • Address

    Bina Sentra Bidakara Bld, 1st Floor, Suite 103
    Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 71-73
    Jakarta 12870, Indonesia
    Telp. 62-21-8378-2174 | 62-812-8805-7901
    Email: info@iia-indonesia.org